Untuk memberikan pengalaman berkomunikasi yang lebih kaya bagi kita, WhatsApp kini dapat diakses dari komputer yang terhubung ke Android kita.  WhatsApp Web adalah aplikasi tambahan berbasis komputer dari akun WhatsApp pada handphone android.  Pesan yang dikirim dan diterima sepenuhnya disinkronisasikan antara handphone android dan komputer.  Artinya, kita dapat melihat semua pesan tersebut pada kedua perangkat ini.  Semua tindakan yang kita lakukan di komputer akan diterapkan juga di Aplikasi WhatsApp pada handphone, dan sebaliknya.

WhatsApp Web bukanlah sebuah akun yang berbeda dari akun WhatsApp di Handphone. Ketika kita menggunakan WhatsApp pada komputer dan handphone, kita mengakses akun yang sama dengan dua perangkat berbeda.

Persyaratan untuk menggunakan WhatsApp Web

·         Memiliki sebuah akun WhatsApp aktif pada handphone android.

·         Adanya koneksi internet yang stabil baik pada handphone maupun komputer.

·         Menggunakan browser / peramban versi terbaru (seperti : Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau yang lain pada komputer).

 

Cara menggunakan WhatsApp Web

1.       Kunjungi web.whatsapp.com pada komputer melalui browser.

2.       Buka WhatsApp pada handphone android.

o    Pada Android: kunjungi layar Chatting > Menu (pojok kanan atas bergambar 3 titik > WhatsApp Web.

3.       Scan atau pindai kode QR / kode batang yang ditampilkan di layar komputer dengan menggunakan handphone.

4.       Sekarang kita sudah bisa menjalankan aplikasi Whatsapp di komputer.

 

CONTOH TAMPILAN di KOMPUTER

 

 

Catatan :

 

  • Pada layar komputer, tampilan Whatsapp akan terbagi menjadi dua bagian. Di bagian kanan akan ditampilkan tentang histori obrolan. Sedangkan di bagian kiri akan ditampilkan list kontak.
  • Untuk logout / keluar, kita bisa melakukannya langsung dari PC melalui menu yang disebelah kiri (ada gambar 3 titik) ataupun dari perangkat handphone.
  • Untuk menghindari biaya ekstra karena penggunaan data handphone, disarankan untuk selalu terhubung ke jaringan Wi-Fi saat menggunakan WhatsApp Web.