PELEPASAN PESERTA K2N MAHASISWA STAI AL FALAH BANJARBARU

Pelaksanaan K2N (Kuliah Kerja Nyata) mahasiswa STAI Al Falah Banjarbaru Tahun Akademik 2018/2019 ini dilaksanakan di Desa Batu Ampar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. K2N kali ini diikuti oleh 43 orang mahasiswa (i). Di lapangan mereka dibagi ke dalam 5 kelompok dan ditempatkan di lima dusun di Desa Batu Ampar. Setiap kelompok didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL), dengan peserta antara delapan sampai sembilan orang mahasiswa (i).

Sambutan dari Tokoh Masyarakat beserta Ketua dan Pengelola STAI Al Falah Banjarbaru

 

Batu Ampar adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Kecamatan Batu Ampar pemekaran dari sebagian wilayah Kecamatan Pelaihari dan sebagian dari wilayah Kecamatan Jorong.

Desa Batu Ampar Kecamatan Batu Ampar terletak di sebelah Timur kota Pelaihari, berjarak sekitar 20 km. Berada di daerah perbukitan dengan kontur tanah yang subur. Mata pencaharian masyarakat sebagian besar adalah bertani dan berkebun. Disepanjang jalan yang dilalui, kanan kiri banyak ditanami kebun kelapa sawit dan karet.

Luas Wilayah Desa Batu Ampar sekitar 8 km persegi dihuni oleh sekitar 500-an kepala keluarga, dengan jumlah penduduk sekitar 2000-an penduduk. Mayoritas penduduknya beragama Islam. Rata-rata di setiap RT terdapat Langgar/Mushalla, selain itu di desa ini terdapat dua buah masjid untuk kegiatan ibadah dan keagamaan masyarakat. 

Di desa ini juga terdapat sekolah dari  jenjang PAUD, TK, SD dan juga Madrasah. Mayoritas penduduknya adalah suku Jawa karena desa ini dulunya desa Transmigrasi pada tahun 1976. Kegiatan keagamaan sudah terlihat berjalan dengan baik. 

Berada di daerah dataran tinggi dan perbukitan pada musim kemarau mendapatkan air agar sulit, karena dibet air mulai berkurang. "Kendala yang dihadapi oleh mahasiswa mungkin masalah air. Karena itu kami mohon maaf apabila air agak sudah untuk didapat" ujar ibu Khoiriyah, S. Pd. Pjs. Kepala Desa Batu Ampar dalam sambutannya dalam acara penyerahan peserta K2N hari ini.

 
Dosen Pendamping, Ketua STAI Al Falah dan Tokoh Masyarakat (Perangkat Pemerintah/ Keamanan)

 

Sementara itu Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Falah Bapak Dr.H. Fauzan, S.Ag, M.Pd. mengatakan dalam sambutannya Bahwa K2N adalah mata kuliah wajib yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa. Selain itu K2N adalah salah satu dari bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.  Karena itu beliau mengharapkan kepada mahasiswa untuk membuat program K2N yang harus diketahui oleh kepala desa dan perangkatnya. 

Dalam kegiatan K2N, mahasiswa membantu masyarakat sekaligus belajar dari masyarakat. Karena itu diperlukan bimbingan dari masyarakat, dengan bimbingan dan peran serta  seluruh aparat desa dan warga desa akan membantu mensukseskan kegiatan K2N ini.

Foto bersama Mahasiswa (i) peserta K2N 2018