Dalam rangka pelaksanaan akreditasi tahun 2018, Badan Akreditasi Nasional PerguruanTinggi telah melaksanakan Asesmen Lapangan terhadap Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pada program S1 STAI Al-Falah Banjarbaru, Banjarmasin Kalimantan Selatan, pada tanggal 15 Juli 2018 s.d. 17 Juli 2018, dengan menugaskan:

  •        Dr. Fauzan, M.A. dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  •      Dr. Aan Listiana, M.Pd. dari Universitas Pendidikan Indonesia

sebagai Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Acara visitasi yang diagendakan selama 3 hari ini berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan harapan Prodi PGMI STAI Al Falah Banjarbaru selaku perguruan tinggi yang visitasi.

Kedatangan Tim Asesor BAN-PT ini disambut hangat oleh Ketua STAI Al Falah Banjarbaru, Dr. H. Fauzan, S.Ag.M.Pd beserta jajaran Pembantu Ketua serta pengelola akademik lainnya.

Beliau mengatakan dalam sambutannya, “Kami berharap agar kunjungan dari Tim Asesor BAN-PT ini lebih bersifat pembinaan agar nantinya Prodi PGMI bisa lebih meningkatkan daya saing lulusannya di masyarakat”.

Hal ini disampaikan karena kedatangan kedua orang wakil BAN-PT ini sebenarnya adalah untuk melakukan cross check dan validasi data-data yang sudah dikirim melalui Borang Akreditasi Prodi PGMI. Jadi untuk lebih menekankan ke suasana yang tidak tegang maka beliau menyampaikan hal demikian.

“Apakah data yang dikirim melalui borang sudah sesuai atau tidak, maka kami menganggap BAN-PT selaku mitra bisa saling membantu sehingga program studi yang diakreditasi bisa maju bersama. Dan juga harapan kami bahwa akreditasi ini bisa menambah minat calon mahasiswa untuk memilih Prodi PGMI,” tambah beliau.

Menurut Ketua Program Studi PGMI, Imaniah Elfa Rachmah, M.Pd.I, untuk persiapan akreditasi ini telah kami lakukan jauh sebelumnya. Pengiriman berkas sudah dikerjakan mulai awal Bulan Mei 2018 dan diterima secara resmi oleh SAPTO BAN-PT pada tgl 23 Mei 2018.

Asesor melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi isi borang yang telah diterima sebelumnya, serta melakukan komunikasi, tanya jawab, dan pemeriksaan bentuk fisik atau faktual data kegiatan akademik di prodi PGMI, terutama yang berkaitan dengan aktifitas pembelajaran dan dokumentasi segala kegiatan.

PGMI merupakan program studi baru dan perdana menghadapi visitasi. Visitasi bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan akademik di prodi PGMI STAI Al Falah Banjarbaru agar lebih baik lagi ke depannya. Hasil penilaian visitasi tidak tentu, paling cepat adalah satu bulan atau lebih. Akreditasi program studi PGMI akan disahkan melalui SK BAN-PT apabila hasil visitasi telah keluar.  Harapannya adalah agar hasil yang disahkan mendapat nilai yang baik.