Sekolah Tinggi Agama Islam Al Falah Banjarbaru pada tanggal 23 - 25 Juli 2017 melaksanakan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Tahap 2 Tahun 2017 oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Akreditasi institusi perguruan tinggi adalah proses penilaian terhadap institusi secara keseluruhan untuk mengetahui komitmen institusi terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemen institusi, yang didasarkan pada standar akreditasi yang telah ditetapkan. Akreditasi dilakukan oleh BAN-PT terhadap semua perguruan tinggi di Indonesia. 

Semua perguruan tinggi diakreditasi secara berkala. Sesuai dengan siklus penjaminan mutu, maka kegiatan akreditasi dimulai dengan evaluasi diri oleh institusi itu sendiri. Evaluasi terhadap mutu kinerja institusi perguruan tinggi dilakukan melalui asesmen terhadap borang akreditasi dan laporan evaluasi diri institusi perguruan tinggi oleh tim asesor yang terdiri atas berbagai keahlian terkait yang berpengalaman dan memahami hakikat penyelenggaraan perguruan tinggi, baik dalam bidang akademik maupun bidang manajemen.

 

Tim Asesor BAN-PT yang berkunjung untuk melakukan asesmen lapangan, yaitu :

Ibu Indrianty Sudirman, Dr., M.Si. - UNHAS

• Bapak Suparto, M.Ed., Ph.D – UIN Jakarta

Asesmen lapangan merupakan proses penilaian lapangan untuk melakukan validasi antara data yang  terdapat dalam borang dengan kondisi obyektif yang ada dilapangan dan dilakukan oleh asesor.

Namun proses asesmen lapangan bersifat bukan hanya untuk menghakimi institusi yang dikunjungi, tapi juga untuk membina dan berbagi pengalaman agar memiliki mutu yang lebih baik.

Dalam kunjungan tersebut, Tim Asesor mengatakan bahwa STAI Al Falah Banjarbaru memiliki peluang berkembang yang sangat besar karena memiliki latar belakang sosial yang baik. Latar belakang itu dikarenakan adanya nama besar Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru sebagai yayasan yang menaungi institusi ini.

 

Standar akreditasi institusi perguruan tinggi terdiri atas tujuh  buah, yaitu: 

Standar 1.   Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian 

Standar 2.   Tata pamong,  kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu

Standar 3.   Mahasiswa dan lulusan 

Standar 4.   Sumber daya manusia 

Standar 5.   Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik

Standar 6.   Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi

Standar 7.   Penelitian,  pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.