Kalau persamaannya memang jelas, semuanya termasuk jenjang pendidikan tinggi.

Pendidikan tinggi, di Indonesia dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu kelompok  pendidikan akademik dan pendidikan vokasi. Kelompok pendidikan akademik dalam proses pendidikan dan pengajarannya memiliki fokus dalam penguasaan ilmu pengetahuan bagi para lulusannya, sedangkan kelompok pendidikan vokasi lebih menitikberatkan pengajaran dan proses pendidikannya pada persiapan lulusan agar dapat mengaplikasikan keahliannya.

Institusi Pendidikan Tinggi yang menawarkan pendidikan akademik dan atau vokasi juga dapat dibedakan berdasarkan jenjang dan program studi yang ditawarkannya  seperti universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi dan akademi komunitas. Masing-masing memiliki pengertian yang hampir mirip, namun masih tetap dapat dilihat sifat khasnya.

Universitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi. Jika telah memenuhi syarat, universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Universitas ini menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang sangat luas. Contoh, Universitas Lambung Mangkurat  (UNLAM) Banjarmasin. Universitas ini menyelenggarakan pendidikan yang berbeda-beda rumpun ilmunya. Mulai dari Tehnik Sipil, Hukum, Teknologi Pangan (rumpun ilmu-ilmu pertanian), Akuntansi, Manajemen (rumpun ilmu-ilmu ekonomi) sampai pada Kedokteran.

 

Institut merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, institut dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Pembedanya adalah ‘sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu’. Jadi lebih terbatas dari pada Universitas yang sangat luas. Jadi hanya pada beberapa rumpun ilmu-ilmu dan atau teknologi saja. Contoh paling gampang misalnya, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari. Semua jurusan yang ada di IAIN, walaupun terdapat beberapa rumpun ilmu, namun semuanya fokus pada unsur AGAMA ISLAM-nya. Mulai dari Syariah, Tarbiyah dan Keguruan, Dakwah dan Komunikasi, Ushuluddin, sampai dengan jurusan Ekonomi Islam.

Jadi, Institut lebih fokus dan terbatas bidangnya dari pada universitas.

Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Sekolah tinggi lebih sempit lagi pengertiannya, yaitu hanya pada satu rumpun ilmu pengetahuan saja. Contoh : Sekolah Tinggi Agama Islam AL FALAH BANJARBARU (fokus pada pendidikan rumpun ilmu-ilmu Agama Islam), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (fokus pada pendidikan rumpun ilmu-ilmu pendidikan dan pengajaran), atau Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (fokus pada pendidikan ilmu-ilmu kesehatan).

Politeknik merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Politeknik fokus pada pendidikan vokasi, artinya lebih pada penyiapan alumni untuk langsung menerapkan keahliannya. Keahliannya bisa macam-macam, bisa keahlian di bidang teknologi, bidang ekonomi atau lainnya. Biasanya jenjang yang ada adalah jenjang Diploma.

Salah satu contohnya adalah Politeknik Negeri Banjarmasin. Polteknik ini menyelenggarakan pendidikan hanya pendidikan vokasi saja dan fokus pada teknik sipil, mesin dan elektro.

 

Akademi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu. Akademi lebih sempit dari pada sekolah tinggi ataupun politeknik, karena hanya menjalankan program pendidikan pada satu atau beberapa cabang keilmuan.

Bebeberapa contoh akademi misalnya, akademi kebidanan, akademi keperawatan, atau akademi kepolisian. Akademi-akademi tersebut hanya fokus pada keilmuan yang dipelajari sesuai dengan namanya. Jika Akper (akademi keperawatan), maka fokus pada pendidikan vokasi keperawatan saja, demikian juga akbid (akademi kebidanan) dan akpol (akademi kepolisian).

Info ini diambil dari berbagai sumber (infomahasiswa.com, id.wikipedia.org, staialfalahbjb.ac.id)